Tanggung Jawab Kita

Syalom. 
Salah satu fenomena yang sudah hampir tiga tahun saya lihat adalah bagaimana orang-orang atau anak-anak SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak jadi melanjutkan atau mengikutinya hanya karena terbatas pada masalah biaya. Mungkin bagi sebagian orang, ini adalah hal yang biasa, namun tidak bagi saya. Khusunya saya melihat yang ada di Sumatera Utara. Mengapa mereka (anak-anak SMA) tidak mau melanjutkan ke perguruan tinggi?
Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan mereka.  Pertama, adanya pola pikir yang menganggap kuliah juga sama saja ndak ada gunanya, karena melihat situasi yang terjadi saat ini dengan banyaknya para lulusan perguruan tinggi yang masih dalam status "mencari kerja". Mereka berpikir untuk apa sebenarnya kuliah itu, kalau harus tohnya seperti itu, lebih bagus mencari kerja langsung. Disinilah peran kita mahasiswa untuk selalu menjelaskan bahwa ke depannya kuliah itu bukan hanya untuk mencari kerja tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan. Pola pikir kita akan berubah ketika kita memasuki instansi perguruan tinggi. Jadi hal ini mungkin yang harus kita pahami dalam kehidupan ini. Mungkin bukan hanya bagi mereka para siswa SMA saja ini perlu ditekankan, tapi pada kita para mahasiswa juga perlu ditekankan hal ini. Inilah yang menjadi tanggung jawab para mahasiswa terutama untuk daerahnya masing-masing.
Kedua yang mungkin jadi alasannya adalah mengenai biaya yang tidak mencukupi. Fenomena ini sering saya jumpai. Padahal sesuatu yang mustahil, jika seseorang itu memiliki kemampuan, baik dalam akademik atau yang lainnya dan lulus seleksi akan dipulangkan jika tidak memiliki biaya. Banyak beasiswa dan yang lainnya disediakan bagi orang yang kurang mampu dalam hal biaya. Berarti yang diperlukan disini adalah bagaimana tekad dan keseriusan mereka untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Apakah ini akan kita biarkan terus-menerus terjadi? 
Banyak adik-adik kita yang tidak melanjutkan pendidikannya hanya karena hal di atas............
Mari teman-teman mahasiswa kita sama-sama berpikir dan bertindak untuk melakukan perubahan dalam hal ini. Mungkin saja ada diantara adik-adik kita itu menjadi salah satu aset berharga bagi bangsa ini atau bagi siapapun, atau kita yang bakal nantinya, tidak ada yang tahu mengenai hal ini. Oleh karena itu marilah kita pahami hal-hal ini.
Karena jika seseorang yang  mau untuk melakukan sesuatu yang baik, maka ke depannya yang diperlukan hanya kerja keras dan doa sehingga kesuksesan dan hidup yang berarti itu akan dapat diwujudkan.
Tuhan memberkati

0 comments:

Post a Comment