Semua Hasil Pilihan Kita

Sumber : Google Image
     Kehidupan kita setiap hari mengalami hal-hal yang berbeda. Setiap hari hidup kita dipenuhi dengan pilihan-pilihan. Dan pilihan-pilihan itu terkadang ada yang baik dan tidak baik atau ada yang belum saatnya kita ambil, oleh karena itu pilihan itu harus kita pikirkan dengan penuh pertimbangan dan akhirnya kita tidak akan mengambil keputusan yang salah. Kita bisa melihat contoh dari serigala, binatang ini adalah binatang yang cerdik dan pandai, dalam menentukan sasarannya, hampir tidak pernah gagal. Sebelum melakukan serangan, serigala memperhatikan apakah sasarannya cukup kuat untuk ditumbangkan sendiri atau perlu bantuan dari temannya. Contoh lain mungkin kita akan melihat Yusuf. Ketika Yusuf menjalani hidup yang posisinya nyaman, dia punya banyak pilihan untuk melakukan apa saja, tapi dia mempertimbangkan segala hal dalam prosesnya.
      Ada banyak kita, baik itu pria dan wanita yang menyesali kehidupannya yang terjadi akibat keputusan ataupun pilihan yang diambil hari kemarin itu merupakan pilihan yang salah. Karena itu kita harus mempertimbangkan segala sesuatu itu dengan benar dan bersikap benar pada setiap keputusan. Satu hal yang terpenting yang pernah saya alami adalah mari kita belajar untuk menghindari kata-kata, sikap dan perbuatan yang dapat menimbulkan akibat-akibat yang tidak diinginkan. Ini saatnya kita tidak sekedar memilih berdasarkan apa yang dianggap baik, atau memilih karena hal tersebut lebih baik, tetapi mulai memilih berdasarkan keyakinan yang sejalan dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan. Selanjutnya, bagaimana dengan hidup saya, hidup anda? Apakah kita penuh pertimbangan dalam memilih sehingga pilihan kita tepat sasaran? Atau malah sebaliknya? Terkadang atau seringkali pilihan yang kita pilihan tidak kita pertimbangkan dengan baik. Malahan ada pula pilihan yang kita pilih itu, baru kita sesali di kemudian hari. Karena itu, mari dengan semangat baru, kita belajar dari karakterNya yang penuh pertimbangan supaya kita menjadi serupa denganNya. 
     Semakin lama saya merenungkan hal ini, semakin saya menyadari bahwa hal ini merupakan hal yang sangat berarti, karena dimana saya berada hari ini adalah akibat dari pilihan saya kemarin. Mari kita ingat bahwa pilihan-pilah yang kita tentukan saat ini adalah hal yang akan menentukan keberadaan kita di hari esok. Baik itu pilihan dalam hal study kita, pergaulan kita, teman kita, pacar kita/calon teman hidup kita, pekerjaan kita, apa yang kita konsumsi dan lainnya. Mari kita menjadi pria sejati dan wanita bijak yang matang dan bijaksana dalam menentukan kehidupan kita ke depannya melalui pilihan-pilihan sekarang yang akan kita pilih berdasarkan Firman Tuhan. Semangat untuk terus bertumbuh dan menjadi saksi-saksi Iman. 
*Ditulis karena pengalaman saya pribadi yang pernah salah dalam mengambil keputusan*

0 comments:

Post a Comment