Lagi-lagi Aksi Anarkis Mahasiswa!!!


"Ayo bakar kampus", "Rektor tak becus", "Mana Keadilan","Kami ini mahasiswa, ...".....
Itulah sebagian kata-kata yang disampaikan mahasiswa ketika melakukan aksi di beberapa daerah di Indonesia. Menyampaikan pendapat, aspirasi adalah sesuatu yang wajar dan tidak dapat dihalangi, namun menjadi sesuatu yang tidak wajar ketika aksi itu menjadi aksi yang anarkis. Tidak seharusnya kita mahasiswa melakukan hal-hal seperti itu. Ada paradigma yang harus diubah menurut saya.

Baru-baru ini saya heran melihat kejadian di salah satu Universitas X (nama dirahasiakan), mahasiswa merusak kampusnya sendiri! Merusak Fasilitas yang ada, kendaraan di sekitar. Bahakan kalau kita telusuri bukan hanya kali ini saja, sudah beberapa kali hal ini terjadi dan tidak hanya di universitas X ini. Alasannya karena pendapat dan tuntutan mahasiswa tidak ditanggapi. Penghargaan akan pendapat dan aspirasi kita memang secara psikologis diperlukan, apabila tidak ada tanggapan baik atau buruknya akan menimbulkan kekesalan. Namun dengan situasi ini kita berhak merusak kampus kita? Apakah kita tidak berpikir, itu adalah tempat kita belajar dan menggali ilmu? Selanjutnya apabila hal ini dilakukan, menjadi jaminan tidak aksi kita akan ditanggapi? Setelah kejadian ini, mau dimana kita melakukan kegiatan perkuliahan?
Saya kira pola pikir ini tidak boleh dibiarkan. Mari kita tunjukkan kita sebagai mahasiswa adalah kaum intelektual dan calon-calon yang memajukan negara kita ini. Ingat tujuan kita kembali masuk perguruan tinggi. 

Menyampaikan pendapat, melakukan aksi itu bukan sesuatu yang dilarang, justru bagus menurut saya. Artinya kita memiliki perhatian atas masalah-masalah yang ada di sekitar kita. Namun jangan sampai dengan aktivitas yang kita lakukan itu merugikan orang lain dan ingat jangan Anarkis.

Oh ya satu hal lagi kita jangan hanya menuntut dan menuntut, banyak yang bertanya apakah tanggung jawab kita sebagai mahasiswa sudah dilakukan dengan benar?
Apa tidak Lebih baik jika pertanyaan tersebut dijawab dengan aktualiasi perbuatan dan karya nyata dari kita sebagai mahasiswa untuk negara ini?

 

0 comments:

Post a Comment